Ini Dia Cara Yoga di Rumah untuk Pemula

  • Whatsapp
Ini-Dia-Cara-Yoga-di-Rumah-untuk-Pemula
Foto dari Canva Pro

Sekalipun hanya bekerja dan beribadah dari rumah, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan cara melakukan yoga di rumah. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara yoga di rumah terutama bagi Anda yang baru memulai aktivitas yoga ini. Terutama gerakan yang memudahkan untuk Anda sebagai pemula.

1. Mountain Pose

Gerakan ini merupakan gerakan dasar untuk semua pose berdiri. Pose ini harus Anda lakukan sebelum melakukan gerakan lainnya. Bisa dibilang gerakan ini sebagai gerakan pemanasan saat Anda melakukan olahraga pada umumnya. Adapun tujuan dari gerakan untuk melatih postur tubuh agar semakin tegap. Cara melakukan gerakan ini adalah berdiri dengan kedua kaki dirapatkan.

Setelah itu tekan semua jari kaki dan biarkan jari-jari tersebut terbuka. Jika sudah, Anda harus melibatkan paha untuk mengangkat tempurung lutut dan paha bagian dalam. Tarik perut ke dalam dan ke atas lalu busungkan dada secara perlahan. Jika sudah, tekan bagian atas bahu ke bawah dan ambillah napas yang panjang secara perlahan dan dalam. Lakukan menahan napas hingga 3-5 tarikan napas.

2. Tree Pose

Gerakan berikutnya ada gerakan tree pose. Gerakan ini ditujukan untuk melatih keseimbangan, meningkatkan kelenturan tubuh dan melatih kefokusan. Anda juga bisa belajar mengenai mengatur ritme pernapasan sambil berdiri dengan menjaga keseimbangan memakai satu kaki. Cara untuk melakukannya pun terbilang cukup mudah. Pertama, Anda harus berdiri tegak dengan posisi kaki dirapatkan.

Setelah itu, angkat kaki kanan perlahan dan letakkan di paha kiri bagian dalam. Berusahalah untuk menjaga keseimbangannya. Jika sudah, Anda bisa meletakkan kedua telapak tangan di depan dada. Apabila posisi Anda sudah pas dan nyaman, tahan posisi tersebut hingga 8 sampai 10 kali napas. Jika sudah, maka Anda bisa mengganti posisi sebaliknya.

3. Seated Forward Bend

Selanjutnya Anda bisa mencoba gerakan yang satu ini. Gerakan ini banyak manfaatnya pada tubuh jika Anda melakukannya. Misalnya untuk menenangkan otak, mengurangi depresi, meregangkan tulang belakang, bahu, paha belakang, merangsang hati, ginjal, ovarium, rahim, memperbaiki pencernaan, maupun mengatasi nyeri haid. Tidak hanya itu, gerakan ini juga bisa menjadi terapi hipertensi, infertilitas, insomnia, dan sinusitis.

Cara melakukannya pun terbilang cukup mudah. Anda tinggal duduk santai di lantai dengan posisi kaki terlentang ke depan. Kemudian lenturkan kaki dan duduklah secara tegak dengan posisi punggung lurus. Apabila sudah berada di posisi yang nyaman, membungkuklah dan berusahalah meraih telapak kaki dengan kedua tangan Anda. Saat membungkuk pastikan kaku dan punggung berada posisi tetap lurus. Tahan gerakan ini setidaknya selama 3 menit.

4. Child’s Pose

Bagi Anda yang sering sakit punggung, coba gerakan yang satu ini. Gerakan ini berguna untuk meregangkan pinggul, paha, maupun pergelangan kaki Anda. Tidak hanya itu, gerakan ini juga disinyalir dapat membantu menenangkan otak, menghilangkan stres, menghilangkan kelelahan, dan meredakan sakit punggung. Kegunaan dari gerakan ini juga dapat merilekskan badan dari semua gerakan yoga yang lainnya.

Caranya cukup mudah. Anda tinggal berlutut di lantai dengan posisi merapatkan jari-jari Anda. Jika sudah, duduklah di atas tumit Anda sendiri lalu pisahkan lutut selebar pinggul. Selanjutnya turunkan tubuh dan bahu di antara paha dengan posisi menghadap lantai. Luruskan tangan ke depan sejauh mungkin dengan santai dan seolah-olah ingin mencapai puncak kaki. Lakukan gerakan ini setidaknya selama 3 menit.

Nah itulah beberapa cara yoga di rumah bagi Anda yang baru pemula melakukannya. Lakukan gerakan-gerakan tersebut setidaknya setiap hari agar badan Anda bisa menyesuaikan dengan gerakan lainnya pada tahap selanjutnya. Gerakan tersebut bisa dilakukan di mana saja dan sebagai pemula sebaiknya menggunakan matras.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *