Jenis Oil-Based Pomade dan Cara Menyimpan Pomade

  • Whatsapp
Jenis-Oil-Based-Pomade-dan-Cara-Menyimpan-Pomade
Foto dari Canva Pro

Pomade merupakan produk untuk rambut yang digunakan menata rambut agar lebih rapi. Pomade terbuat dari gel, wax, atau berbahan dasar air. Penggunaan pomade sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambut.

Selain dibedakan dari bahan dasarnya, pomade juga dibedakan dari kandungan bahan yang ada di dalamnya. Dasar ini juga menentukan pomade apa yang cocok digunakan oleh tipe rambut tertentu. Pomade pada dasarnya dibagi antara water-based pomade dan oil-based pomade.

Jenis Oil-Based Pomade

Terdapat tiga jenis pomade yang memiliki bahan dasar minyak, yaitu:

1. Light Pomade

Light pomade merupakan pomade yang memberikan efek mengkilap pada rambut dan berbahan ringan karena kandungan minyak lebih sedikit. Formulanya yang ringan menyebabkan light pomade tidak terlalu tahan lama di rambut. Light pomade ini cocok untuk rambut yang tipis dan lurus.

2. Medium Pomade

Medium pomade memiliki kandungan minyak lebih banyak. Dengan demikian, pomade ini mempertahankan kerapian rambut lebih lama dibanding light pomade. Medium pomade memiliki kilap yang lebih pas dan tahan lama.

3. Heavy Pomade

Heavy pomade merupakan jenis pomade yang dapat membuat rambut lebih kaku sehingga rapi lebih rama. Kilap heavy pomade lebih natural dan cenderung mate. Kandungan minyak pada pomade ini lebih banyak dari medium pomade. Ketika digunakan, terkadang ada beberapa orang yang merasakan rambut seperti ditarik karena terlalu kaku.

Cara Menyimpan Pomade

Karena pomade merupakan salah satu jenis kosmetik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanannya:

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Seperti pada kosmetik lain, pomade harus dijauhkan dari sinar matahari langsung agar tidak cepat rusak. Letakkanlah pomade pada tempat yang tidak terkena matahari sepanjang pagi, siang, atau sore.

Pomade dengan bahan dasar air akan cepat meleleh apabila Anda menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari terus menerus.

2. Simpan di Suhu Ruangan

Simpanlah pomade pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas. Apabila Anda harus membawa pomade, usahakan selalu berada di tas yang rapat. Jangan simpan pomade di mobil apabila Anda membawanya.

Suhu di dalam mobil dapat meningkat apabila AC dimatikan saat mesin tidak berjalan. Hal ini akan mempercepat pomade menjadi rusak atau meleleh.

3. Tidak Disimpan di Lemari Es

Meski termasuk dalam kosmetik, lebih baik Anda menyimpan pomade di ruangan kamar dan menghindari menyimpan pomade pada lemari es. Suhu yang dingin akan merusak tekstur pomade, terutama yang memiliki bahan dasar air.

4. Cek Perubahan pada Tekstur dan Aroma

Lihat dan perhatikan pomade Anda secara berkala. Pomade yang masuk dalam masa kadaluarsa atau masa lewat pakainya akan berubah tekstur dan aroma. Tekstur yang berubah misalnya lebih cair atau lebih keras dari saat pertama membeli menandakan bahwa Anda sebaiknya segera menghentikan penggunaan pomade tersebut dan membuangnya.

Aroma pomade juga akan berubah ketika sudah lewat masa pemakaiannya. Selain itu, pada wadah pomade terutama tutup akan muncul flek-flek berwarna putih. Jika tanda-tanda tersebut sudah muncul, maka lebih baik Anda mengganti pomade Anda.

Pomade yang telah melewati tanggal layak pakai akan berbahaya jika masih digunakan. Kulit kepala dapat mengalami iritasi. Selain itu, pomade kedaluwarsa juga dapat merusak rambut.

Pomade tidak hanya digunakan untuk laki-laki, perempuan juga dapat menggunakan produk kosmetik ini. Gunakan pomade berdasarkan jenis dan kondisi rambut Anda sehingga tidak merusak rambut. Lakukan perawatan rambut secara rutin agar rambut tetap sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *