Protokol Kesehatan Saat Pandemi, Ini 6 Himbauan dari Pemerintah untuk Mencegah Penularan dan Penyebaran Virus Corona

  • Whatsapp
Protokol-Kesehatan-Saat-Pandemi-Ini-6-Himbauan-dari-Pemerintah-untuk-Mencegah-Penularan-dan-Penyebaran-Virus-Corona
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Virus Corona memaksa kita untuk memulai kebiasaan baru. Sebelum pandemi, kita tidak pernah khawatir keluar rumah tanpa menggunakan masker kain. Sekarang, masker adalah barang wajib dipakai dan dibawa ketika keluar rumah. Sebelumnya, Anda mungkin termasuk orang yang jarang mencuci tangan. Kini, pandemi memaksa Anda untuk sering-sering cuci tangan karena ini salah satu cara untuk membunuh virus.

Himbauan untuk Menghadapi Pandemi

Di saat seperti ini, kesehatan Anda adalah tanggung jawab Anda sendiri. Pemerintah sudah memberikan himbauan cara menghadapi pandemi ini. Bagaimana cara mencegah penularan, apa yang harus dilakukan oleh orang yang sakit, hampir semua informasi yang dibutuhkan dan juga himbauan sudah diberikan. Kemudian ini dikembalikan kepada Anda, apakah Anda akan mematuhi himbauan yang sudah diberikan atau tidak.

Himbauan dari pemerintah untuk menghadapi pandemi ini sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu membiasakan hidup lebih bersih dan sehat daripada sebelumnya. Secara umum, berikut ini 6 himbauan dari pemerintah untuk menghadapi pandemi ini.

1. Cuci tangan dengan benar

Yang pertama, cuci tangan. Cuci tangan yang mampu membunuh virus harus dilakukan dengan air mengalir dan menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Kapan Anda harus cuci tangan? Setelah keluar rumah, sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh barang, setelah berjabat tangan dengan orang lain, dan waktu-waktu lainnya.

2. Gunakan masker

Yang kedua, gunakan masker. Karena harga masker medis yang melambung tinggi, akhirnya pemerintah menghimbau untuk memakai maskerĀ  berbahan kain. Masker ini memiliki kemampuan yang hampir sama dengan masker medis dalam menangkal virus corona yang menyebar melalui droplet. Meskipun tentu saja tidak semaksimal kemampuan yang dimiliki masker medis.

Kelebihan masker kain adalah masker ini memiliki warna dan bentuk yang lucu-lucu. Tidak hanya polos, ada juga masker fullprint. Anda pun bisa memesannya secara custom.

3. Jaga daya tahan tubuh

Yang ketiga, jaga daya tahan tubuh. Enam bulan berselang sejak mewabahnya virus corona, belum ditemukan obat atau vaksin yang bisa digunakan untuk menghadapi virus ini. Karena itulah, Anda sebaiknya menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Yang perlu diingat, memiliki daya tahan tubuh bukan berarti Anda tidak bisa terserang virus corona. Anda tetap bisa terjangkit virus corona meskipun daya tahan tubuh Anda sangat baik. Hanya saja, reaksi tubuh akan berbeda. Anda mungkin tidak menunjukkan gejala hingga tidak butuh perawatan intensif. Namun Anda bisa menjadi carrier dan menularkannya ke orang lain.

4. Terapkan physical distancing

Yang keempat, physical distancing. Masker kain memiliki keterbatasan dalam menangkal droplet. Untuk itu, pemakaian masker harus dibarengi dengan physical distancing agar lebih maksimal. Jaga jarak Anda dengan orang lain sejauh 1-2 meter. Hindari kontak fisik langsung dengan orang lain, misalnya bersalaman.

5. Lakukan pembersihan dengan cairan desinfektan

Yang kelima, jaga kebersihan. Jika sebelumnya Anda menerima paket langsung dibuka dan dicoba, sekarang Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan desinfektan agar aman dari virus. Selain paket, Anda juga perlu melakukannya pada barang belanjaan Anda dari supermarket.

6. Hindari kerumunan

Yang keenam, hindari kerumunan. Kita tidak tahu siapa yang positif COVID-19. Sebagai upaya pencegahan, kita harus menganggap semua orang terinfeksi Covid-19 sampai dibuktikan sebaliknya. Karena itu, hindari kerumunan dan keramaian seperti nongkrong di cafe atau mengunjungi obyek wisata.

Itulah 6 himbauan dari pemerintah untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona. Dari sini, kita sama-sama tahu memakai masker kain saja belum cukup. Anda perlu menerapkan protokol kesehatan yang lain demi pencegahan yang maksimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *